Inspirasi Rumah Minimalis dengan Atap Galvalum Model Terbaru

with No Comments

Banyaknya Model Atap Galvalum

Dengan berkembangnya dunia mode di bidang konstruksi, ternyata hal tersebut juga berimbas pada desain atap yang beragam. Salah satu bahan yang sering dijadikan sebagai pilihan atap adalah galvalum. Atap galvalum sebenarnya merupakan metode yang diadopsi dari negeri tirai bambu. Atap ini menggunakan baja yang memiliki kualitas tinggi dan bersifat tipis serta ringan.

Mengapa Harus Menggunakan Atap Gavalum?

 Ada berbagai macam alasan mengapa Anda harus menggunakan galvalum atap, antara lain:

  1. Hemat biaya. Atap yang menggunakan galvalum dapat digunakan hingga berpuluh-puluh tahun lamanya tanpa perlu mengganti rangka atap. Anda bisa membayangkan, berapa biaya yang harus Anda keluarkan jika setiap beberapa tahun sekali, Anda harus mengganti atap karena sudah dipenuhi dengan sarang rayap.
  2. Bebas rayap. Penggunaan kayu untuk konstruksi atap begitu rentan dimakan rayap. Lebih-lebih Anda menggunakan kayu yang memiliki kualitas kurang bagus. Bagi sebagian besar orang, rayap adalah momok yang sangat menakutkan. Solusi yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan galvalum sebagai bahan atap.
  3. Lebih ringan. Atap jenis ini mempunyai bobot yang ringan bila dibandingkan dengan besi konvensional atau pun kayu. Atap dari galvalum juga mudah dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya, sehingga persentase keselamatan kerja menjadi lebih besar.
  4. Waktu pengerjaan bisa lebih dihemat. Pemasangan atap dari bahan galvalum ini hanya 1 mingguan saja, untuk bangunan dengan tipe 36. Tentu saja hal ini akan menghemat waktu pengerjaan. Apalagi, jika Anda ingin hunian impian lekas digunakan.

 

Namun, walaupun berbagai kelebihan ditawarkan atap jenis ini, bahan atap ini tetap saja memiliki kekurangan seperti harus dikerjakan oleh kru atau pekerja yang benar-benar profesional. Tidak semua orang familier dengan galvalum sehingga pengerjaannya tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. SDM yang sangat terbatas membuat kita membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk menentukan mana kru yang benar-benar ahli melakukan pemasangan.

 

Berbagai Model Atap dari Galvalum

 Jika Anda tertarik menggunakan galvalum sebagai atap, berikut beberapa model yang bisa Anda adopsi, antara lain:

  • Model pelana. Model ini adalah bentuk atap yang paling sederhana serta sering digunakan di Indonesia. Model pelana membuat hunian Anda lebih sederhana. Pada dasarnya, model pelana sering digunakan untuk rumah kecil yang berada di perumahan. Model galvalum pelana ini tak mudah bocor, dan bentuknya bisa sesuai dengan keinginan kita.
  • Model perisai. Atap dari galvalum yang berbentuk perisai bisa dikatakan lebih fleksibel. Bentuk ini sering digunakan di Indonesia karena cocok untuk iklim tropis. Biasanya, rumah yang berukuran besar sering menggunakan desain atap ini.
  • Gaya klasik. Siapa bilang jika gavalum hanya cocok untuk gaya minimalis dan kurang cocok untuk gaya klasik. karena kemudahannya dibentuk sesuai dengan keinginan kita, gaya klasik bisa Anda adopsi.
  • Gaya kontemporer. Bangunan dengan gaya kontemporer merupakan bangunan yang memiliki desain modern tetapi mengikuti kaidah bangunan adat. Bangunan ini memiliki atap dengan arsitektur modern seperti miring di satu sisi hingga datar.
  • Gaya modern. Jika Anda ingin menggunakan galvalum untuk rumah gaya modern, Anda harus memperhatikan dengan baik kaidah struktural, sehingga atap tetap kokoh dan awet.

 

Dari berbagai model atau desain atap galvalum di atas, mana yang menjadi pilihan Anda? pastikan gaya atap yang akan Anda adopsi sesuai dengan gaya bangunan yang Anda ingini.

Leave a Reply