Apa Sih Kelebihan dan Kekurangan Pintu Kaca? Simak Jawabannya di Sini

with No Comments

Perbandingan Nilai Plus dan Minus Pintu Kaca

 Kelebihan dan kekurangan ada dalam setiap hal. Bahkan dalam memilih pintu untuk dekorasi rumah atau kantor pun perlu mempertimbangkan hal tersebut. Bila Anda ingin menggunakan bahan kaca pada pintu-pintu Anda, sebaiknya juga mengetahui hal tersebut. Pintu kaca yang dianjurkan untuk digunakan juga bisa dilihat dari beberapa hal, termasuk apakah sesuai dengan hunian Anda. Karena itu, sebaiknya Anda mengetahui kekurangan serta kelebihannya.

 

Kelebihan

1. Lebih terlihat elegan.

Kelebihan yang satu ini memberikan kesan yang lebih terbuka serta elegan pada kantor atau hunian Anda. Apalagi bila Anda memutuskan untuk menggunakan pintu kaca tempered. Kualitas tempered ini nomor satu di antara jenis kaca yang lain. Kelebihan pintu kaca tempered adalah adalah sari segi keamanan karena saat pecah, butiran pecahannya tetap aman dan tidak tajam. Sehingga tidak akan menimbulkan luka bagi orang yang terkena atau yang terinjak pecahan tersebut.

 

2. Menimbulkan kesan luas.

Pintu dari bahan kaca bisa menimbulkan kesan ruangan tersebut lebih luas atau lapang. Apalagi bila Anda memilih menggunakan jenis pintu kaca geser. Karena bentuknya yang digeser saat dibuka, maka kesan ruangan yang luas akan semakin didapatkan ketika memasuki ruangan. Salah satu faktor penyebabnya karena pandangan Anda tidak dibatasi oleh pintu kayu, misalnya. Jadi Anda bisa langsung melihat ke setiap sudut ruangan melalui bahan kaca pada pintu tersebut.

 

3. Tingkat ketahanan yang tinggi.

Jangan salah sangka, ternyata pintu dari kaca pun bisa memiliki tingkat ketahanan yang tinggi. Salah satu sebabnya adalah bila pada rangka atau bingkai pintu tersebut diselimuti bahan aluminium. Nah, pintu aluminium kaca inilah yang berdaya tahan tinggi. Pintu ini tidak akan mudah rusak saat menghadapi musim hujan dan panas di Indonesia. Dibandingkan pintu kayu, maka bahan kaca dan aluminium jelas lebih tahan banting.

 

Kekurangan

Selain kelebihan, tentu ada juga kekurangan pintu kaca, seperti berikut ini.

1. Butuh banyak persiapan dalam pemasangan.

Saat Anda memilih untuk menggunakan bahan kaca pada pintu, pastilah memerlukan persiapan pemasangan yang ekstra dibanding bila menggunakan kayu biasa. Apalagi bila memilih jenis pintu geser kaca. Pemasangannya akan memerlukan pengukuran yang pas, juga alat-alat tambahan yang tidak diperlukan saat menggunakan pintu kayu. Belum lagi harus menyediakan roda agar pintu bisa digeser, juga harus mempersiapkan bila terjadi karatan pada jalur roda pintu tersebut.

 

2. Harga lebih mahal.

Secara statistik umum, bahan kaca tentu lebih mahal dibanding bahan kayu biasa. Terlebih pada pintu kaca aluminium yang memerlukan biaya yang tidak sedikit. Untuk 1 buah pintu saja bisa mencapai jutaan, apalagi bila seluruh ruangan memilih memakai pintu bahan ini semuanya. Karena itu, Anda perlu budget yang tidak sedikit pula. Belum lagi budget untuk misalnya mengganti bila kaca tersebut pecah.

 

3. Perlu tenaga ekstra.

Berbeda dengan pintu dari kayu, menggunakan pintu kaca geser akan membutuhkan tenaga ekstra untuk menggeser. Bila terjadi kemacetan di rodanya, akan lebih setengah mati lagi. Begitu pula untuk model pintu dari kaca lainnya, seperti pintu lipat atau pintu dari aluminium. Proses membuka dan menutup pintu ini lebih banyak memakan tenaga.

 

Setelah diberikan gambaran seperti di atas, seharusnya Anda menjadi lebih tahu tentang kelebihan dan kekurangan pintu kaca. Bila Anda tetap memilih menggunakannya, maka sebaiknya diskusilah dengan orang-orang yang berpengalaman agar bisa meminimalisir kekurangan yang ada.

Leave a Reply